Jumat, 19 November 2010

Internet, bagian dari IT

       Dewasa ini internet sudah menjadi hal yang tidak lagi dapat dihindari, bagaimanapun kita sebagai pelajar penerus generasi bangsa maupun kita orang umum harus dapat mengikuti arus informasi yang ada di internet. Bukannya menghindarinya , karena dengan menghindarinya bukannya menyelesaikan masalah, tetapi kita akan semakin tertinggal dengan perkembangan jaman. Selain itu kita juga akan semakin tertinggal dengan negara maju di dunia. Internet sebagai salah satu media informasi yang tanpa batas sebagai jendela dunia bagaikan buku raksasa.. Sedangkan IT tidak akan terlepas dengan perkembangan arus internet di dunia yang semakin mengglobal ini. Dengan adanya internet memudahkan kita dalam mendapatkan informasi mengenai apapun, tak cukup lingkup daerah, provinsi, negara, bahkan antar negara (internasional). Dan ini mengindikasikan bahwa persaingan ilmu pengetahuan manusia di dunia akan semakin ketat dan inovatif, serta membuat hidup lebih sejahtera tentunya.

       Dalam memanfaatkan internet kita juga harus mematuhi aturan aturan yang berlaku serta netiket (etika berinternet) yang sehat, tanpa harus melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan khalayak banyak maupun individu lain. Karena apabila kita terbukti melakukan pelanggaran hukum, maupun mengganggu hak orang lain dapat berhadapan dengan hukum karena Indonesia adalah negara hukum. Lewat internet kita dapat melakukan hal hal yang baik maupun yang negatif dan kurang baik untuk kita. Dengan internet kita dapat membantu teman-teman kita yang kurang dalam hal biaya misalnya untuk tetap dapat belajar menuntut ilmu. Kita bisa memberikan bantuan pada mereka ilmu apa yang kita dapat dari dunia maya untuk memajukan serta mensejahterakan kehidupan mereka. Mungkin bantuan kita sangatlah berharga dan sangat mereka harapkan, dan dapat mengubah pola pikir mereka. Selain itu berawal dari yang kecil saja kita dapat informasi tentang cara mengamankan diri saat terjadi gempa, kita sebarkan pada saudara, orangtua maupun pada tetangga kita. Selain ibadah menyampaikan ilmu, hal ini juga dapat membantu memajukan pendidikan nasional sebagai tingkat awal. Apabila kita dapat lebih baik lagi kita bisa membuat sebuah grup ataupun komunitas yang di dalamnya dapat saling diisi dengan sharing informasi apa yang mereka punya agar anggota-anggotanya juga ikut mengetahuinya. Misal membuat mailing list yang kita isi dengan beragam informasi yang dapat memberikan motivasi serta inovasi-inovasi baru dalam hidup ini.

       Jadi, internet jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif saja, sebaiknya kita menjauhi situs-situs terlarang yang dapat menyesatkan kita pada kesenangan sesaat dan akan menimbulkan kerugian di kemudian hari. Apabila kita menemukan situs-situs ataupun media lain yang bersifat sejenis kita bisa laporkan ke pihak yang lebih berwenang untuk menangani hal tersebut. Jangan kita justru ikut-ikutan membabi buta mengikuti arus sesat yang tidak baik terutama bagi kita pelajar, yang seharusnya terus berupaya agar negara kita ini bisa maju dan dapat mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lainnya di dunia ini. Mari kita berinternet yang sehat dan patuh pada peraturan yang berlaku.. Kita pemuda harapan bangsa , jangan mau dibodohi dengan hal-hal yang tidak berguna.
 
Jayalah Indonesiaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda tentang blog saya :